Beberapa metode hacking yang sering digunakan hac

Hacking merupakan kegiatan menerobos sistem yang dilakukan seseorang untuk tujuan tertentu. Ada berbagai metode dalam hacking, dan kali ini admin akan sedikit menjelaskan beberepa metode yang sering digunakan dalam hacking. Metode tersebut antara lain :

  1. DOS / DDOS (Denial of service)
    Teknik ini adalah teknik melumpuhkan suatu website atau server dengan mengirimkan traffic yang sangat banyak, sehingga website tersebut tidak dapat menghandle traffic tersebut lalu website tersebut akan down.
    Hacker biasanya memanfaatkan botnet atau zombie computer dengan cara menyusupkan malware ke sekumpulan PC yang terhubung ke satu jaringan lalu membuat PC tersebut mengirimkan traffic yang sangat banyak ke suatu website. Begini ilustrasi nya :
  2. Keylogging
    Keylogging adalah sebuah metode hacking dimana hacker akan menyusupkan spyware (program untuk memata-matai) ke korban lalu spyware tersebut akan mencatat semua yang kita tuliskan dengan keyboard kita.
    Ini ibarat memasang kertas karbon di selembar kertas lalu kita menulis di selembar kertas tersebut, maka kertas karbon tersebut akan menjiplak apa yang kita tulis.
  3. Phising
    Adalah metode dimana hacker akan membuat “kloningan” dari sebuah website atau email yang sangat meyerupai aslinya. Lalu hacker akan memaning korbannya untuk mengunjungi website tersebut lalu memancingmu untuk mengisikan data data pribadimu. Dan kamu mengira kalau website tersebut adalah website asli.
    Ini seperti kamu di suruh mengisi formulir oleh gurumu, namun yang kamu terima adalah fotokopian formulirnya, dan formulir yang kamu isi tidak sampai ke gurumu, melainkan ke orang lain.
  4. Malware attack
    Yang termasuk malware adalah : virus, worm, spyware, adware, trojan dll. Mungkin admin akan membahas lebih dalam lagi di artikel selanjutnya.
    Malware ini bisa menjadi “pembuka” atau “penutup” dari sebuah proses hacking. Maksudnya, jika menjadi pembuka berarti hacker menyusupkan malware (biasanya dengan metode bait and switch) untuk meng-exploitasi data pengguna ataupun kelemahan sistem sehingga hacker bisa memanfaatkan data tersebut untuk tujuan lainnya. Contoh : spyware disusupkan ke sebuah komputer untuk keylogging (memata-matai aktivitas user) dan mengumpulkan datanya untuk tujuan hacking akun sosial media, akun e-banking, atau yang lainnya.
    Sebagai penutup artinya hacker meyusupkan malware untuk langsung melumpuhkan komputer user. Contohnya : hacker meyusupi sebuah komputer dengan sebuah virus yang berfungsi untuk menghapus direktori C: sehingga komputer akan kehilangan sistem operasinya dan harus meng-install ulang.
  5. Bait and switch
    Ini adalah metode dimana hacker akan menyisipkan malware pada sebuah konten, dan user mendownload konten tersebut. Dan pada saat user mendownload konten tersebut, hacker akan menukar dengan malware atau menumpangkan malware pada konten tersebut, yang kemudian akan menginfeksi sistem.

Oke mungkin sampai bait and switch dulu, lain kali admin lanjutkan metode-metode yang lain atau mungkin cara melakukannya. sekali lagi artikel yang ada di situs ini hanya untuk sumber pengetahuan saja. Gunakanlah ilmu dengan bijak sebagaimana mestinya.

interaksi7.com, pedoman media siber anda

Related Posts

About The Author

One Response

  1. davidochobits
    Maret 19, 2018

Add Comment

error: