KELOMPOK HACKER

PENGELOMPOKAN HACKER
Menurut jenis aktivitas yang dilakukan hacker, hacker bisa dibagi menjadi tiga kelompok besar. Yaitu black hat hacker, white hat hacker, dan grey hat hacker.

Black hat hacker
Black hat hacker adalah hacker yang menggunakan kemampuannya untuk hal-hal yang dianggap melanggar hukum dan merusak. Black hat hacker juga biasa disebut “cracker”
Tindakan mereka biasanya adalah ; mencuri data kartu kredit atau biasa disebut “carding”, meretas sistem, dan membobol sistem keamanan software agar bisa dinikmati secara gratis.
Dan pasti kalian sering menjumpai software-software berbayar namun bisa kalian dapat secara gratis. Nah itulah salah satu aktivitas black hat hacker yaitu menciptakan “crack” software agar bisa dinikmati secara gratis.

White hat hacker
White hat hacker adalah mereka yang menggunakan kemampuan hackingnya untuk melawan black hat hacker. Mereka biasanya disebut juga security analyst, security consultant, dan bekerja pada perusahaan keamanan cyber.
Peretas topi putih atau peretas suci, juga dikenal sebagai “good hacker,” adalah ahli keamanan komputer, yang berspesialisasi dalam penetrasi pengujian, dan pengujian metodologi lain, untuk memastikan bahwa perusahaan sistem informasi yang aman. Pakar keamanan ini dapat memanfaatkan berbagai metode untuk melaksanakan uji coba mereka, termasuk rekayasa sosial taktik, penggunaan alat-alat hacking, dan upaya untuk menghindari keamanan untuk mendapatkan masuk ke daerah aman.

Gray hat
Gray hat adalah hacker yang bekerja di sisi abu-abu. Yaitu kadang menjadi black hat hacker, namun kadang juga menjadi white hat hacker.
Gray hat hacker biasanya merupakan hacktivist (aktivis hacker) yang biasanya menentang kebijakan dari suatu instansi maupun menyuarakan aspirasi mereka dengan cara meretas sebuah situs dan mengganti tampilannya dengan aspirasi mereka. Aktivitas ini biasa disebut juga deface.
Contohnya adalah pada saat situs sebuah universitas swasta di suatu daerah diretas dan peretas menyuarakan aspirasinya tantang kasus korupsi. Atau pada saat penolakan penghapusan beberapa game online yang dianggap berbahaya oleh kemendikbud, sebuah halaman di situs kemendikbud diretas dan diganti tampilannya dengan penolakan penghapusan game online.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: